BI Kembali Turunkan Suku Bunga Menjadi 7 %

BI Kembali Turunkan Suku Bunga Menjadi 7 %

Ilustrasi Bank Indonesia. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengumumkan kembali menurunkan suku bunga acuan atau BI rate sebesar 25 basis poin menjadi 7%, setelah awal Januari lalu sempat turun ke level 7,25%.

Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) juga diputuskan penurunan lending Facility pada level 7,5% dan suku bunga Deposit Facility sebesar 5%‎.‎

"‎Ini sesuai dengan pernyataan kami sebelumnya bahwa ruang pelonggaran moneter semakin terbuka dan ekonomi domestik semakin membaik," kata dia di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Sebelumnya, BI telah mempertahankan suku bunga sebesar ‎7,25%, serta suku bunga lending facility pada level 7,75% dan suku bunga deposit facility sebesar 5,25% selama 1 bulan. Penurunan suku bunga acuan ini diharapakan pula dapat memperkuat pelonggaran kebijakan makroprudensial di mana BI juga menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM)  sebesar 7,50% menjadi 6,50%.

"Penurunan Giro Wajib Minimum ini akan berlaku mulai 16 Maret nanti. Hal ini diharapkan akan memperkuat pelonggaran kebijakan makroprudensial dan penurunan Giro Wajib Minimum yang telah dilakukan sebelumnya," pungkasnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews