Tahun Ini Pemerintah Ingin Suku Bunga KPR 5 Persen, Ini Alasannya

 Tahun Ini Pemerintah Ingin Suku Bunga KPR 5 Persen, Ini Alasannya

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pemerintah akan menerapkan kebijakan bunga murah untuk kredit pemilikan rumah (KPR) hingga 5% pada tahun ini. Kebijakan ini disampaikan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla.

Wapres menjelaskan, rendahnya suku bunga bisa membuat proses kepemilikan rumah jadi lebih mudah. Namun, masih ada kendala persoalan lahan.

"Karena enggak ada negara yang maju dengan bunga tinggi. Maka, pemerintah akan menjalankan kebijakan itu tidak terlalu lama. Tentu kita mempunyai masalah, ada masalah lahan," ujarnya di Jakarta, Sabtu (13/2/2016).

Menurut JK, jika kebijakan sudah berjalan lancar maka kepemilikan rumah bisa menjangkau kalangan luas. Salah satu cara mendorongnya yaitu dengan menggunakan dana pensiun.

"Makanya kita terbitkan banyak aturan. Lahan-lahan pemerintah di manapun, kita berikan untuk perumahan rakyat. Dana-dana pensiun yang hanya sebagian kecil untuk perumahan," katanya.

Selain itu, lanjut JK, bunga subsidi perumahan komersial pun akan diturunkan. Sebab, saat ini masih yang tertinggi dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya.

"Bunga komersial pun akan kita turunkan jauh lebih rendah. Saat ini bunga kita tertinggi di ASEAN," pungkasnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews