Ini Bahaya Mengisi Baterai Smartphone dari Lubang Lighter Mobil

Ini Bahaya Mengisi Baterai Smartphone dari Lubang Lighter Mobil

Ilustrasi. (foto:ist/net/beritagar.id)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Smartphone sudah jadi barang yang tidak bisa jauh dari pemiliknya. Karena dengan perangkat ini segala aktifitas bisa semakin mudah selain ungsi untamanya sebagai alat komunikasi.

Dan, biasanya sebuah samrtphone selalu bersandingan dengan powerbank. Bagi mereka yang berada dalam mobil, sering kali menggunakan charger melalui output lighter (pematik api).
 
Proses pengisian baterai smartphone dalam mobil dengan menggunakan power output dari lubang lighter memang mudah dan praktis. Akan tetapi hal ini mempunyai risiko jangka panjang yang akan memperpendek usia baterai atau gadget itu sendiri.

Pasalnya tegangan listrik yang dihasilkan dalam mobil tidak stabil ini karena putaran mesin yang turun-naik. Belum lagi ini akan terbagi-bagi untuk kelistrikan ke AC, audio, dan lampu-lampu. Kondisi seperti ini memungkinkan akan berpengaruh terhadap tegangan output pada pada alternator.

Biasanya yang terjadi bila sering melakukan pengisian lewat output lighter baterai akan menggembung dan bisa juga meledak saat pengisian baterai. Sebaiknya hindari pengisian baterai telepon seluler di mobil ini kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan penting.

Bila harus melakukan mencharnger smartphone Anda di dalam mobil sebaiknya lakukan antisipasi hal-hal berikut:

- Jauhkan dari benda-benda yang mudah terbakar seperti kertas, kain dll.
- Ketahui lebih dulu apakan baterai dan charger yang digunakan berkualitas atau original sesuai dengan standar gadget yang digunakan.
- Cabut kabel pengisian jika smartphone atau charnger menjadi panas.
- Hindari menelpon atau menerima telpon saat dalam pengisian. Jika harus diangkat, sebaiknya cabut charnger dari smartphone.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews