Lanal Karimun Tangkap Kapal Penyelundup Beras dan Gula

Lanal Karimun Tangkap Kapal Penyelundup Beras dan Gula

Beras selundupan yang ditangkap di Batam beberapa waktu lalu. (Foto: Edo/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungbalai Karimun - Pangkalan Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun berhasil menggagalkan penyelundupan beras dan gula ilegal pada Senin (8/2/2016).

Informasi yang dihimpun batamnews.co.id, unit intelijen Pangkalan Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun mendapat informasi bahwa KM. Sejahtera III, bobot 6 GT bermuatan beras dan gula, yang diduga ilegal bergerak menuju P. Moro, Kabupaten Karimun tanpa menggunakan lampu rambu-rambu kapal pada tanggal 6 Februari 2016.

Selanjutnya, pada 7 Februari 2016 pukul 20.00 Wib, Tim Western Fleet Quich Response (WFQR) IV  Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun meluncur ke sekitar perairan P.Buru menggunakan speedboat untuk melakukan pengendapan dan pengintaian dan akhirnya pada pukul 21.50 Wib, terlihat pergerakan KM. Sejahtera III yang menjadi target operasi tanpa lampu penerang.

Dan selanjutnya, tim pemeriksa Lanal TBK melakukan pengejaran dan berhasil menangkap KM Sejahtera III.

Dari hasil penangkapan dan pemeriksaan terhadap Ismail (Nakhoda), diperoleh informasi bahwa KM. Sejahtera III asal tujuan Sungai Harapan (Batam)-Tg.Batu/P.Kundur (Karimun) bermuatan sekitar 25 ton beras dan 12.5 ton gula.

Dalam pemeriksaan, nakhoda kapal tidak dapat menunjukkan dokumen barang (manifest)

Untuk pengembangan, nakhoda dan ABK kapal beserta barang bukti tangkapan diamankan di Lanal TBK untuk proses pengembangan penyelidikan selanjutnya.

Sementara itu Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun Letkol Laut Bina Irawan Marpaung saat dikonfirmasi batamnews.co.id tidak bisa bisa dihubungi disebabkan hp komandan tersebut dalam keadaan tidak aktif.

 

[jim]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews