Lagi, Masjid di Swedia Dibakar

Lagi, Masjid di Swedia Dibakar

Masjid yang dibakar di Swedia.

Swedia - Insiden pembakaran masjid kembali terjadi di Swedia, Senin (29/12/2014) pagi. Kejadian ini menjadi yang kedua dalam dugaan pembakaran terhadap sebuah pusat Muslim di empat hari terakhir.

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di kota selatan Eslöv dan tidak ada yang terluka dalam insiden kedua pembakaran masjid tersebut.  

"Kami bekerja dengan asumsi itu adalah pembakaran," kata perwira polisi Marie Keismar kepada kantor berita TT.
 
Sebelumnya, bertepatan malam Natal, orang tidak dikenal melempar molotov ke masjid di Kota Eskilstuna, Swedia, tepat pada perayaan Natal. Lima orang sedang menggelar shalat jamaah cedera akibat pembakaran tersebut.

Seperti dilansir Times of India, Sabtu (27/12), pada saat kejadian, paling tidak 20 orang sedang menunaikan shalat dzuhur. "Saksi mata melihat seseorang melemparkan benda diduga molotov ke jendela gedung yang menjadi masjid itu," kata juru bicara Kepolisian Eskilstuna Lars Franzell.

Tidak semua korban luka bakar. Dua mengalami sesak napas, akibat asap yang memenuhi ruangan masjid setelah sisi luar masjid terbakar hebat. Belum ada yang ditangkap sejak kasus ini mencuat.

Kecurigaan polisi kini mengarah pada kelompok radikal nasionalis. Di Swedia, belakangan banyak muncul penganut neo-Nazi. Mereka menolak kehadiran imigran. Kebijakan Swedia yang memudahkan datangnya orang asing maupun pencari suaka dinilai mengambil lapangan kerja warga pribumi.

Kebetulan, salah satu kelompok imigran aktif datang ke Swedia adalah warga dari negara-negara mayoritas muslim, misalnya Turki atau Afghanistan. Penganut Islam di Swedia kini sebesar 5 persen dari total populasi atau setara 500 ribu jiwa.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews