[HOT NEWS] Edward Snowden Bongkar Penipuan ISIS

[HOT NEWS] Edward Snowden Bongkar Penipuan ISIS

Edward Snowden. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Moskow - Mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA), Edward Snowden mengingatkan pemerintah negara di dunia agar tidak tertipu dengan propaganda Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Kelompok ekstrimis itu belum lama ini merilis video propaganda yang menunjukkan mereka telah mengirimkan pesan enkripsi. Metode pesan email terenkripsi itu hanya memungkinkan orang yang punya kode dekripsi benar yang bisa membaca pesan tersebut.

Dikutip dari Wired, Rabu (27/1/2016) setelah mendalami video propaganda tersebut, Snowden mengonfirmasi pesan enkripsi yang diklaim ISIS adalah palsu.

Untuk itulah, ia meminta pemerintah negara dunia agar tak perlu khawatir serta jangan mau dibodohi ISIS dengan menyebarnya pesan enkripsi tersebut. Snowden mengatakan enskripsi palsu itu bertujuan untuk membuat takut pejabat pemerintah negara dunia.

"Video email terenkripsi ISIS terkonfirmasi palsu," tulis Snowden dan akun Twitternya.

Untuk meyakinkan email terenkripsi itu palsu, Snowden membongkar kejanggalan kode enkripsi tersebut. Dia menunjukkan tanggal pesan email itu tidak sesuai dengan kunci enkripsi. Bukti lainnya, kunci enkripsi yang digunakan juga tidak benar.

Sebelumnya, Snowden membocorkan sejumlah data intelijen yang membuat hubungan AS dengan sejumlah negara menjadi terganggu. Ia juga membocorkan perihal mengenai terbentuknya ISIS yang disebut sebagai ciptaan AS. Saat ini, ia meminta suaka politik dan berada di Rusia.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews