Begini Cara Bea Cukai Batam Musnahkan Barang Bernilai Puluhan Miliar

Begini Cara Bea Cukai Batam Musnahkan Barang Bernilai Puluhan Miliar

Kepala KPU Bea Cukai Tipe B Batam Nugroho Wahyu Widodo saat konferensi pers di Batam. (Foto: BATAMNEWS)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Hasil Tangkapan, dari penindakan petugas Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai yang menjadi milik negara, terhadap barang-barang yang terkena aturan barang larangan dan pembatasan sepanjang tahun 2014-2015, dimusnahkan dengan berbagai cara.

Seperti barang-barang yang berbahan kimia, airsoft gun, obat-obatan, rokok, MMEA, dan pita cukai palsu. Dengan berat keseluruhan, sebesar 14.620,24 kilogram yang menjadi milik Negara dan akan dimusnahkan.

Pemusnahan barang sudah menjadi milik Negara tersebut akan dimusnahkan dengan berbagai cara. Seperti Barang CPU bekas, kosmetik, parfum, dan minuman mengandung etil alkohol (MMEA) dengan cara dimasukkan kedalam sebuah mesin penghancur, sehingga tidak bisa dikonsumsi kembali.

Sementara itu, barang seperti pita cukai MMEA golongan B dan C palsu, rokok, Obat-obatan, dapat dimusnahkan dengan cara di bakar dengan mesin incinerator. 

“Kemudian, barang berupa airsoft gun dimusnahkan dengan cara di potong dengan mesin grinding,” ujar Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe B Batam, Nugroho Wahyu Widodo, dalam rilisnya, Selasa (26/1/2016).

Dan untuk barang berupa bahan kimia dan obat-obatan cair dmusnahkan dengan cara pemurnian (Destilasi) yang bertujuan untuk menghilangkan zat-zat kimianya, agar limbahnya tidak merusak lingkungan.

Potensi kerugian negara yang behasil diselamatkan dari pita cukai palsu untuk MMEA sekitar Rp 59.311.200.000. Dari minuman keras mangandung etil alkohol dengan sejumlah Rp 867.434.000.

Kemudian, dari rokok dengan berbagai macam merek diperkirakan senilai Rp 1.013.020.000. Sedangkan untuk kosmetik dan obat-obatan dengan perkiraan Rp 100.619.900.

Selanjutnya kerugian Negara yang berhasil diselamatkan KPU Bea dan Cukai tipe B Batam, dari Bahan peledak, Kimia, dan Cat dengan nilai Rp 2.518.888.000. Dan juga dari barang lainnya dengan total sebanyak Rp 23.877.000.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews