ISIS Rilis Video Persiapan Serang Jantung Eropa

ISIS Rilis Video Persiapan Serang Jantung Eropa

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Paris - Kelompok ISIS merilis video yang menampilkan sembilan pria yang jadi aktor pembantaian dalam serangan teror di Paris yang menewaskan 130 orang pada 13 November 2015 lalu. Via video itu, ISIS juga mengancam akan menyerang Inggris.
 
Kementerian Luar Negeri Prancis menolak untuk mengomentari video kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) itu. Kantor Perdana Menteri Prancis dan Kementerian Dalam Negeri juga tidak memberikan komentar.

Video itu diunggah ke saluran Telegram resmi ISIS. Sembilan pria yang disebut sebagai aktor pembantaian di Paris tampak mengenakan seragam kamuflase di lokasi gurun, sebelum beraksi di Paris.
 
Beberapa dari mereka, juga ditampilkan pernah memenggal sandera. ”Ini adalah pesan terakhir dari sembilan singa dari kekhalifahan yang dimobilisasi dari sarang mereka untuk membuat Negara Prancis berlutut,” bunyi narator dalam video ISIS itu seperti dikutip Reuters, Senin (25/1/2016).
 
Pada malam tanggal 13 November 2015 sembilan orang itu dibagi menjadi tiga kelompok. Mereka menyerang sebuah stadion olahraga, kafe dan ruang konser. Surat perintah penangkapan dari otoritas Prancis telah dikeluarkan untuk Salah Abdesalam, salah satu pelaku teror yang melarikan diri ke Belgia.
 
ISIS juga mengidentifikasi asal kebangsaan para pelaku teror di Paris. Di antaranya, tiga pria asal Prancis, empat pria Belgia dan dua warga Irak yang disebut sebagai Ali al-Irak dan Ukashah al-Irak. Kedua pria Irak itu diduga yang melakukan bom bunuh diri dalam serangan di Stadion Stade de France. Mereka membawa paspor Suriah.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews