Liburan Nyaman, Belanja Online Aman

 Liburan Nyaman, Belanja Online Aman

ilustrasi belanja online (ist)

Seiring dengan kemajuan teknologi, tren belanja online di Indonesia pun kian meningkat tiap tahunnya. Saat ini pengguna Internet di Indonesia menyentuh angka 70 juta lebih dan hal tersebut membuat semakin menjamurnya toko online yang menyediakan berbagai macam produk.

Hampir semua kebutuhan saat ini bisa kita beli atau dapatkan secara online, hal ini semakin menarik minat para calon konsumen untuk berbelanja secara online karena lebih praktis dengan cukup mengakses melalui gadget ataupun smartphone yang mendukung fitur untuk browsing di Internet.

Musim liburan akhir tahun juga identik dengan belanja baik langsung maupun secara online. Namun, agar tidak tertipu, simak tips berikut ini.

Perbanyak (mengumpulkan) Informasi
Untuk menghindari tertipu membeli produk dengan harga mahal, maka sebaiknya harus rajin browsing untuk mengumpulkan serta membandingkan harga pada toko online A dengan B, C dan yang lainnya. Bisa saja pada perbedaan harga antara sesama toko online berbeda jauh.

Mengetahui Reputasi Toko Online
Untuk hal ini bisa mengetahuinya dari komentar pembeli sebelumnya, ataupun mencari tahu dengan membaca review tentang toko online yang ingin Anda kunjungi di forum-forum maupun ulasan pada website ataupun personal blog mereka yang pernah melakukan transaksi pada toko online tersebut.

Memeriksa Kontak/Nomor Telepon
Sudah pasti pada setiap toko online memiliki beberapa nomor telepon call center guna melayani para calon pembeli, untuk memastikan apakah benar bisa mencoba dengan menelepon langsung nomor tersebut.

Membaca dengan Cermat Keterangan Produk
Pastikan produk yang ingin dibeli benar-benar sesuai dengan yang ada pada contoh produk, dan pastikan kembali kepada CS toko online bahwa harga yang akan dibayar adalah untuk produk seperti yang mereka tawarkan (pajang).

Menyimpan Bukti Pembayaran (transkasi)
Bukti pembayaran ini akan sangat Anda perlukan apabila terjadi masalah nantinya, mulai dari bukti transfer, email, rincian produk yang dibeli serta bukti transaksi lainnya.

Cara Pembayaran
Pelajari cara atau sistim pembayaran untuk setiap transaksi yang digunakan oleh toko online tersebut, dan pilihlah cara yang paling aman.

Mencari Rekomendasi
Jangan malu untuk bertanya atau meminta rekomendasi pada orang lain atau teman yang pernah melakukan pembelian (transaksi) pada sebuah toko online serta tanyakan juga bagaimana dengan layanan mereka.

Semoga ulasan singkat mengenai tips belanja online yang aman agar terhindar dari penipuan di atas bisa membantu melakukan transaksi online di internet. Jangan sampai Anda kecewa karena harapan ingin mendapatkan barang yang diinginkan malah yang terjadi adalah sebaliknya, barang tidak kunjung datang uang Anda pun melayang.

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews