Waspada, Cuaca di Perairan Natuna Memburuk

Waspada, Cuaca di Perairan Natuna Memburuk

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Cuaca kering dan angin kencang menyelimuti Natuna dalam sepekan terakhir. Prakirawan Stasiun Meteorologi (Stasmet) Ranai, Asrul Saparudin mengingatkan nelayan untuk mewaspadai gelombang besar saat melaut untuk dua hingga tiga hari ke depan.

"Kami prediksi angin kencang masih terjadi hingga dua hari ke depan, dari pantauan alat bisa terlihat arah dan kecepatan angin. Hal ini akibat adanya tekanan tinggi di wilayah Asia bagian utara yang menyebabkan angin Munson Asia musim dingin," ujar Asrul, Senin (25/1/2016).

Akibat adanya perbedaan tekanan udara tersebut dorongan angin juga mempengaruhi kondisi cuaca di wilayah Asia Tenggara dan juga di kepulauan Natuna. 

Asrul mengatakan, kecepatan angin berkisar antara 7-15 knot dan bisa mencapai kecepatan maksimal 20-25 knot, bisa diartikan dalam kisaran 20-50 km per jam. 

Angin kencang di wilayah Asia Tenggara menurutnya merupakan pengaruh global yang diakibatkan cuaca bertekanan tinggi di Asia bagian utara tersebut.

"Gelombang laut dari pantauan kami sekitar 2-4 meter di perairan Natuna, kami mengimbau nelayan untuk memperhatikan hal ini saat melaut," ujarnya.

Sementara di beberapa lokasi wisata, ombak besar nampak menghempas ke bibir pantai yang ada di Natuna.
 

[fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews