Perang Dunia Ketiga Dimulai? Rusia Siapkan Formasi Tempur Respon Pasukan NATO

Perang Dunia Ketiga Dimulai? Rusia Siapkan Formasi Tempur Respon Pasukan NATO

Ilustrasi tentara Rusia. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Moskow - Latihan besar-besaran yang digelar Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di kawasan Eropa Timur belum lama ini, langsung direspons dari Rusia. Militer Rusia langsung dikerahkan ke posisi perbatasan.

Komandan Pasukan Darat Rusia, Mayjen Oleg Salyukov menyatakan, pihaknya akan membentuk formasi tempur baru dari tiga divisi untuk dikerahkan ke front barat.

“Tiga divisi dari regional barat dan satu dari regional tengah, akan dilebur. Formasi baru ini dilakukan dalam rangka respons terhadap meningkatnya intensitas latihan militer negara-negara NATO belum lama ini,” seru Salyukov, dilansir Sputnik, Jumat (22/1/2016).

Belum lagi, Rusia akan kembali diperkaya alutsista (alat utama sistem pertahanan), berupa 10 bomber (pesawat pembom) Tupolev Tu-160 “White Swan”, Tu-95 “Bear”, Tu-22 “Blinder” yang telah diperbarui dan dimodernisasi dan mampu membawa bom-bom nuklir.

Potensi Perang Dunia III kian mencuat, di mana Rusia juga “pamer” kekuatan baru di lautan, yakni dua kapal penjelajah baru kelas “Alexander Nevsky” dan “Vladimir Monamakh, dilengkapi misil-misil yang juga bisa membawa hulu ledak nuklir.

“Untuk kekuatan strategis nuklir udara, kami menerima 10 bomber strategis yang dimodernisasi, yakni Tu-160, Tu-95 dan Tu-22,” timpal Kepala Staf Militer Rusia, Jenderal Valery Gerasimov.

“Kami juga telah menerima beberapa persenjataan baru. Angkatan Laut kami menerima dua kapal penjelajah dengan dilengkapi misil strategis,” tambahnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews