Google Raup Rp 430 Triliun dari Android

Google Raup Rp 430 Triliun dari Android

BATAMNEWS.CO.ID - Sistem operasi Android benar-benar menjadi ladang uang bagi Google. Sejak dirilis sampai sekarang, Android telah menghasilkan pendapatan USD 31 miliar atau di kisaran Rp 430 triliun bagi Google. 

Sedangkan jumlah profit di kisaran USD 22 miliar atau Rp 305 triliun.

Dikutip dari Reuters, estimasi tersebut dikemukakan oleh pengacara Oracle Corp dalam dengar pendapat di pengadilan California. 

Oracle mengugat Google karena dinilai menggunakan software Java dalam pengembangan Android tanpa izin atau kompensasi. 

Tidak jelas dari mana pendapatan sejumlah itu berasal, kemungkinan dari iklan, aplikasi berbayar, atau yang lainnya. Untuk diketahui, sistem operasi Android versi alpha diperkenalkan Google di November 2007. Sedangkan versi komersial pertamanya dirilis September 2008.

Informasi pendapatan dari Android tersebut sebenarnya bukan untuk konsumsi publik dan hanya ditampilkan sebentar dalam proses pengadilan. Baik Google dan Oracle tidak mau berkomentar mengenai hal itu.

Dalam kasus ini, Oracle meminta Google membayar royalti karena menggunakan beberapa bahasa pemograman Java. Sedangkan Google berargumentasi bahwa mereka seharusnya bisa menggunakan Java secara gratis. 

Adapun jumlah pendapatan dari Android sebesar USD 31 miliar selama sekitar 8 tahun itu sebenarnya tidak begitu signifikan bagi Google. Sebagai gambaran saja, raksasa internet ini membukukan pendapatan total USD 66 miliar di tahun 2014.

sumber: detikcom

 

[snw]

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews