Lantamal IV Gelar Peringatan Hari Dharma Samudera

Lantamal IV Gelar Peringatan Hari Dharma Samudera

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, melakukan tabur bunga di Tanjungpinang. (foto: jim)


BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - TNI Angkatan Laut memperingari Hari Dharma Samudera pada 15 Januari 2016. Peringatan Hari Dharma Samudera bertujuan mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang gugur dalam berbagai pertempuran di laut, seperti pertempuran di Selat Bali, Laut Cirebon, Teluk Sibolga dan pertempuran Laut Aru.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, SE, MM, M.Sc. memimpin upacara peringatan Hari Dharma Samudera di lapangan apel Mako Lantamal IV jalan Yon Sudarso Nomor 1 Batu Hitam Tanjungpinang, Jumat (15/1/2016).
 
Kasal dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danlantamal IV mengatakan bahwa sebagai prajurit matra laut pengawal samudera, sikap ksatria dan suri tauladan yang ditunjukkan oleh pendahulu harus diwarisi dengan sepenuh hati. "Segenap awak RI Macan Tutul dengan dilandasi semangat pengabdian yang tulus, ikhlas, pantang menyerah dan rela berkorban demi menjaga harkat dan martabat bangsa telah menunjukkan sikap ksatria yang tercermin dari masih terjaganya disiplin, hierarki dan kehormatan militer meskipun dalam kondisi kritis sekalipun.”

Rangkaian acara peringatan dilanjutkan dengan acara tabur bunga yang dilaksanakan di dermaga Yos Sudarso komplek Mako Lantamal IV. Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal IV memberikan tali asih kepada para pelaku sejarah pertempuran laut yang ada di Tanjungpinang.

Pada kesempatan tersebut, Danlantamal IV menjelaskan bahwa makna dari peringatan hari Dharma Samudera adalah untuk mengingatkan kembali akan jasa para pahlawan yang telah mempertahankan kemerdekaan, termasuk pahlawan Komodor Yos Sudarso yang gugur dalam pertempuran laut Aru 54 tahun silam.

“Untuk mengenang jasa dan kegigihan pahlawan pertempuran Laut Aru dalam mempertahankan kemerdekaan RI tersebut, maka jajaran TNI AL di seluruh Indonesia memperingati peristiwa tersebut setiap tahun dengan puncak acara tabur bunga di laut setiap tanggal 15 Januari,” tegas Danlantamal IV.

Rangkaian acara diakhiri dengan ramah tamah yang dihadiri oleh Danrem 033/WP Brigjen TNI Madsuni, Danlanud Tanjungpinang Letkol PNB Andy Ferdinand Picaulima, Wadan Lantamal IV, Karumkital dr. Mediyato Suratani, para asisten  Danlantamal IV, para kadis dan Kasatker Lantamal IV, Danwing Udara 2, Danlanudal Tanjungpinang, para pelaku sejarah pertempuran laut dan purnawirawan TNI AL di Tanjungpinang.

(jim)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews