Ikan Duyung yang Terdampar di Pantai Nongsa Jenis Paling Langka

Ikan Duyung yang Terdampar di Pantai Nongsa Jenis Paling Langka

Ilustrasi. (foto:ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Nelayan dikejutkan dengan penemuan hewan langka dengan jenis ikan Duyung yang terdampar di Pulau Terumbu Pasu, Pantai Melayu, Kecamatan Nongsa, Batam.

Penemuan ikan Duyung ini menjadi tontonan warga sekitar. Ikan Duyung ini ditemukan oleh nelayan sekira pukul 06.00 WIB, Selasa (12/1/2016).

"Tadi ditemukan oleh Pak Waso saat beliau berangkat memancing, ikan Duyung tersebut ditemukan sudah dalam keadaan mati sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi," ujar Pak Arok, seorang nelayan yang ikut membantu membawa ikan tersebut ke tepi panta.

Ridho, seorang pengurus nelayan Kecamatan Nongsa mengatakan, setelah ikan Duyung dibawa ke tepi pantai, para nelayan langsung berkoordinasi dengan pihak yang berwajib.

"Seperti aturan nelayan, temuan ikan tersebut langsung kita laporkan pada pihak yg berwajib," ujar Ridho saat ditemui batamnews.co.id.

Ia menjelaskan, setelah diperiksa oleh pihak berwajib, ikan tersebut harus dilepaskan kembali ke tengah laut.

"Itu sejenis ikan duyung, dia masuk ikan yang sangat dilindungi dunia, karena saat ini sudah sangat langka. Jadi, sesuai aturan nelayan harus dikembalikan ke laut," kata Ridho menjelaskan usai melepas ikan tersebut.

Ridho mengatakan, sekitar sepuluh tahun yang lalu ada seekor ikan paus yang terdampar di lokasi itu. Tapi, untuk jenis ikan duyung mungkin selama lima puluh tahun lebih ia belum pernah mendengarnya.

Ia menambahkan, ikan Duyung tersebut diperkirakan memiliki panjang 2,5 meter dengan berat kira-kira 500 kg dan jenis kelaminnya betina.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews