Batu Safir Biru Terbesar Bernilai Rp 2,4 Triliun Ditemukan!

Batu Safir Biru Terbesar Bernilai Rp 2,4 Triliun Ditemukan!

Safir biru terbesar yang ditemukan di Sri Lanka. (foto: ist/bbc)


BATAMNEWS.CO.ID, Sri Lanka - Batu safir biru yang diklaim terbesar di dunia berhasil ditemukan di Sri Lanka. Institut batu akik di pusat Kota Colombo juga telah melakukan sertifikasi batu dengan 1.404,49 karat itu dan menyebut tidak ada batu bersertifikat yang lebih besar dari batu tersebut.

"Pada momen saya melihat batu itu, niatan membeli saya langsung muncul," kata sang pemilik yang namanya ingin disamarkan kepada BBC, Selasa (5/1/2016).

Sang pemilik mengaku ketika batu itu disodorkan kepadanya, dia percaya batu safir itu terbesar di dunia. "Akibat alasan tersebut saya membelinya," ucapnya bangga.

Sang pemilik juga sangat percaya diri batu ini dapat memecahkan rekor batu sebelumnya senilai 1,395 karat karena harga yang dibayarkan tidak kecil.

Batu itu diberi nama Bintang Adam oleh pemiliknya, didasarkan pada keyakinan setempat bahwa Adam tiba di Sri Lanka setelah diusir dari Taman Firdaus.
 
Pemilik Bintang Adam mengatakan dia membelinya dan berpikir "ini bukan sepotong perhiasan tetapi karya pameran."

Batu yang terbilang luar biasa ini ditaksir seharga USD 100 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun. Namun, sang pemilik diperkirakan akan melepasnya dengan harga USD 175 juta (setara Rp 2,4 triliun) dalam lelang.

Ekspor batu akik di Sri Lanka merupakan salah satu industri yang paling banyak diminati. Setiap tahunnya tercatat ekspor batu safir mencapai USD 103 juta (setara Rp 1,4 triliun).

Permata baru itu ditambang di Kota Ratnapura, di selatan Sri Lanka, yang dikenal sebagai Kota Permata.

Berbicara kepada BBC, Armil Samoon, seorang pedagang permata dan perhiasan terkemuka di Sri Lanka menegaskan ini adalah yang batu biru safir terbesar di dunia.
 
(ind/bbc)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews